Friday, March 30, 2007

Eksistensi dan Kesibukan Band-Band Sejuta Kopi

Berusaha Bangkit dari Tidur
Million copies band. Isitilah ini bisa dibilang langka di Indonesia. Terhitung, hanya lima band papan atas yang menyandangnya. Dewa 19, Padi, Peterpan, Jamrud, dan Sheila on 7. Tapi, kemana mereka sekarang? Nama mereka juga absen ketika rombongan musisi lokal ramai buka dagangan baru (baca: rilis album. Red.) pada paruh tahun ini. Apa yang sedang sibuk mereka kerjakan sekarang? ....




Dewa 19
Ada angin segar bagi baladewa (sebutan untuk fans Dewa 19) ketika band ini mengumumkan rilisan album baru. Sayang, rilisan bertajuk Kerajaan Cinta itu hanyalah sebuah album repackage. Hanya dua buah lagu baru yang disisipkan, Dewi dan Mati Aku Mati.

Kenapa hanya album repackage? Once menanggapi santai. "Kami bukan tidak ingin merilis album baru. Kesibukan masing-masing personel yang membuat kami tidak sempat memproduksi full album," ujar vokalis yang mulai urun kemampuan sejak album Bintang Lima tersebut.

Ahmad Dhani sekarang disibukkan dengan Dewi Dewi dan artis management barunya. Kabarnya, mastermind Dewa 19 ini juga punya proyek dengan musisi Australia. Andra, gitaris, asyik dengan "mainannya," Andra and The Backbone. Tyo Nugros, drumer, juga punya proyek pribadi.

"Tyo sedang bekerja sama dengan DJ Romi dan Marchell. Kemungkinan besar mereka juga akan merilis album. Kami (Dewa 19, Red) akan kembali berkumpul dan sharing materi setelah promo Kerajaan Cinta dan kesibukan masing-masing personel selesai," jelas vokalis bernama asli Elfonda Mekel tersebut pada Muzik. (*)


Padi
Mundur untuk kebaikan. Inilah yang sedang dilakoni Ari (gitar), Fadli (vokal), Yoyo (drum), Rindra (bas), dan Piyu (gitar). Para punggawa Padi ini harus menunda perilisan album kelimanya. Persiapan menjadi alasan utama.

"Mestinya kami mengeluarkan album terbaru kami pada Februari atau Maret tahun ini. Nyatanya kami masih belum bisa. Kami tidak tahu kapan pastinya Padi akan memanjakan Sobat Padi (penggemar Padi, Red) dengan lagu baru," ucap Piyu.

Perubahan yang menjadi misi juga menghambat. Padi pernah menuturkan pada Muzik kalau mereka ingin memberikan nuansa beda pada tiap album. Sepertinya ini tidak mudah. Meski masuk studio sejak awal tahun, Padi baru benar-benar efektif take sejak dua minggu lalu.

"Itu semua disebabkan konsep musik baru kami yang masih becabang pada awal masuk studio. Juga banyak lagu yang harus dipilih dengan pertimbangan matang. Tidak boleh ada kekecewaan yang keluar dari pendengar," imbuh Piyu. (*)


Sheila on 7
Sebelum rekaman album, setiap musisi harus punya konsep musik. Tapi, syarat itulah yang sampai saat ini belum dimiliki Sheila on 7 (SO7). Band asal kota gudeg, Jogjakarta, ini sekarang masih dalam tahap pencarian materi album baru.

Eross, gitaris, membantah kalau buntunya konsep bermusik dikarenakan ciutnya personel. Berkurangnya line-up karena ditinggal Sakti dan Anton bukan suatu masalah. "Kami masih mampu terus berjalan, bahkan sangat mampu," ucapnya.

Saat ini, empat personel sedang diberi kebebasan untuk bernalar tentang masa depan musiknya. Rencananya, para personel mulai bekerja di studio pada pertengahan 2007. Sekitar bulan Juni atau Juli. "Semoga pertengahan tahun adalah waktu yang tepat," terang Eross. (*)


Jamrud
Evolusi bermusik bukanlah hal yang mudah dilakukan. Salah satu musisi yang setuju dengan hal tersebut adalah Jamrud. Band rock yang terbentuk pada 1996 ini tengah berusaha keras kembali masuk studio akhir 2007.

"Itu (masuk studio, Red) bukan perkara mudah. Pada album terbaru nanti, kami tidak hanya ingin membuat musik yang berbeda, tapi kami ingin membuat musik yang belum pernah didengar di Indonesia. Itulah yang sedang sibuk kami lakukan sekarang. Jika sudah masuk studio, konsep sudah harus jelas, tidak boleh asal-asalan," jelas sang gitaris, Azis.

Pekerjaan sulit menemukan konsep ternyata mendapat hambatan lagi. Band ini juga disibukkan dengan aktifitas yang padat. "Beberapa personel ada yang ikut saya untuk jadi juri di berbagai kompetisi. Selain itu, Jamrud juga masih sering melakukan pertunjukan di luar kota," beber Log Zhelebour, sang manajer. (*)


Peterpan
Tak terdengar kabar bukan berarti mati karya. Itulah kalimat yang layak ditujukan pada Peterpan. Band asal bandung yang melejit lewat lagu Ada Apa Denganmu ini sedang getol menyiapkan materi untuk album ketiga.

"April 2007, proses rekaman sudah harus selesai. Dilanjutkan finishing dan proses peluncuran sekitar Mei 2007. Sementara ini, belum ada kemoloran. Kami jarang terdengar lantaran sedang sibuk di dalam studio," jelas sang penggebuk drum, Reza.

Band ini sudah masuk studio sejak 11 Februari 2007. Sekarang Peterpan sudah menyelesaikan empat lagu untuk album baru. Konsep musik Peterpan tidak jauh berubah dari album-album terdahulu. "Ada perubahan sedikit pada permainan instrumen. Tapi tetap akan terlihat seperti Peterpan," imbuh Reza.

Total, ada sepuluh lagu yang akan dimasukan dalam album terbaru nanti. Untuk membantu proses rekaman, Peterpan menggunakan additional player pada keyboard.







No comments: