Thursday, April 5, 2007

Mencari Kakak yang Hilang


Titel Meine Liebe mungkin sudah nggak asing di telinga gamer. Terutama pecinta game dating simulation. Game jebolan Konami yang dirilis 26 April 2001 ini sempat dibuat versi animenya sebanyak dua season.

Season pertama animenya ditayangkan November 2004. Mendahului episode perdananya, Meine Liebe versi manga, yang diberi tambahan titel Eien naru Musou Kyoku (My Love Eternal Dream’s Song). Manga karya Izawa Rei ini dimuat dalam Betsu Hana to Yume mulai edisi Juli 2004. Di sini, M&C! menerbitkannya dengan judul Meine Liebe Eien naru Träumerei.

Versi manga ini mengambil cerita dari game keduanya yang diluncurkan pada 22 September 2004 untuk konsol PlayStation2. Yaitu, Meine Liebe Yuubi naru Kioku (My Love for Beautiful Memories). Kalau animenya berfokus pada lima tokoh utama cowok, kini fokus bergeser pada Erika Klause, siswi baru di Akademi Rosenstolz. Setting waktunya pun berbeda. Dalam anime, kisah bergulir mulai 1935. Sedangkan manganya mengambil setting dua tahun sesudahnya.

Erika adalah anak dari istri tidak sah seorang bangsawan di Kerajaan Kuchen. Sang ayah membawanya pulang dan membesarkannya. Di rumah barunya itu, hanya kakak cowoknya yang baik padanya. Tapi, ketika usia Erika menginjak empat tahun, dia dibawa pergi keluarga Klause yang mengangkatnya jadi anak.

Selang 13 tahun kemudian, Erika tumbuh jadi cewek yang periang tapi sedikit ceroboh. Dia menuntut ilmu di Akademi Rosenstolz. Sekolah elit itu dipilihnya demi mencari sang kakak. Walaupun nggak ingat nama dan wajah kakaknya, ada dua hal yang diingat Erika. Pertama, bahwa anggota keluarga mereka selalu bersekolah di Rosenstolz. Kedua, pita peninggalan sang kakak sebelum mereka berpisah. Berbekal pita itu, Erika memulai perjuangannya mencari sang kakak yang beda ibu itu.

Selama menuntut ilmu di Rosenstolz, berbagai rintangan ditemui Erika. Terutama karena Erika dekat dengan lima cowok populer kandidat Strahl. Salah satu dari mereka bakal menduduki posisi penasihat raja (calon duta besar, dalam versi M&C!, Red.). Mereka adalah Orpherus Furst von Marmelade nahe Görz (Orphe), Eduard Markgraf von Sekt nahe Braunschweig (Ed), Ludwig Herzog von Mohn nahe Liechtenstein (Lui), Camus Pfalzgraf von Silvaner Lünerburg (Camus), dan Ishizuki Naoji.

Walaupun banyak siswa yang iri pada Erika, toh masih ada orang yang bersikap baik padanya. Seperti Wilhelmine Julch alias Minna, Augusta Wolfenbuetter (August), dan Marin Kahlenberg. Dukungan dari teman-teman membuat Erika nggak berkecil hati dalam menemukan sang kakak yang hilang dari ingatannya.

Akankah pencarian Erika membuahkan hasil? Benarkah sang kakak juga menuntut ilmu di Rosenstolz? Siapa sebenarnya jati diri kakak Erika? (ran)

Did You Know?
Kalau kamu perhatikan, nama para tokoh dan tempat dalam Meine Liebe berhubungan dengan makanan. Nama negara, misalnya. Kuchen diambil dari bahasa Jerman, berarti kue. Nama pulau di mana terletak istana Raja Kuchen adalah Kirsche yang artinya buah ceri.


Meine Liebe Eien naru Musou Kyoku
Karya asli: Konami
Mangaka: Izawa Rei
Desain karakter orisinal: Yuki Kaori
Terbit: Juli 2004
Penerbit: Betsu Hana to Yume








No comments: