Thursday, April 5, 2007

Lost Highway, Album Kesepuluh Bon Jovi



Band Hard Rock asal New Jersey, Bon Jovi, tengah dalam proses penyelesaian rilisan terbaru. Kabarnya, mereka akan mengubah konsep bermusik. Album bertajuk Lost Highway ini akan bercorak country. Mengapa country? .....



Lost Highway
Mencoba untuk memanjakan pendengar. Inilah yang sedang ingin dilakukan Jon Bon Jovi (vokal, gitar, piano), Richie Sambora (gitar, backing vocal), David Bryan (keyboard, backing vocal), Tico Torres ( drum), dan Hugh McDonald (bas, backing vocal) ini dalam album kesembilan. Untuk itu juga, kenapa Bon Jovi beralih memainkan musik country. Bon Jovi bakal turun tempo?

"Ini keputusan bulat seluruh personel. Kami tentu tidak hanya membuat sensasi. Musik baru ini akan kami kerjakan serius," ujar Jon Bon Jovi pada Billboard.

Keseriusan ini dibuktikan dengan mendatangkan produser baru. Pilihan jatuh pada Dann Huff. Dia adalah produser musisi country Keith Urban. Band ini juga memanggil produser Have A Nice Day, John Shanks.

Memilih musik country bukan berarti bermain mellow. Country yang diusung lebih ke nuansa rock. "Kasarnya, bisa disebut country rock," ucap Sambora.

Judul album ini diambil dari nama salah satu track berjudul sama. Lagu itu bukan lagu yang benar-benar baru. Lagu itu sudah pernah digunakan mengisi soundtrack film Wild Hogs.

"Lagu itu tidak diakomodasi album Bon Jovi mana pun. Kami memutuskan menaruhnya di album baru. Sekaligus mengambil judulnya untuk titel album terbaru. Kebetulan, musik pada lagu itu sejalan dengan nuansa album yang kami kerjakan," tambah Sambora.

Sampai berita ini diturunkan, sudah ada tujuh lagu yang dipastikan akan mengisi album Lost Highway. Diantaranya Any Other Day, Summertime, dan juga I Love This Town. Sebagai single andalan, Bon Jovi memilih lagu (You Want To) Make A Memory.

Perdengarkan Lagu Baru di Situs
Bon Jovi melakukan sesuatu yang beda pada Lost Highway. Mereka bakal mengeluarkan single andalan pada 20 Maret 2007 lalu. Tiga bulan sebelum jadwal rilis, pada 19 Juni mendatang.

"Kami sengaja melakukan. Pendengar pasti bertanya-tanya seperti apa lagu kami. Untuk itu, kami akan menjawab melalui (You Want To) Make A Memory," ujar Sambora.

Tidak cukup itu. Bon Jovi juga memajang beberapa lagu dalam Lost Highway pada sebuah situs. Tidak dijelaskan track apa saja. Yang pasti bisa didengarkan secara streaming di www.promosquad.com.

Awalnya, Bon Jovi hanya menunjuk dua lagu country yang pernah dibuatnya dulu (Who Says You Can’t Go Home dan Welcome To Wherever You Are). "Namun ternyata kami berubah pikiran. Untuk itu kami ambil langkah promosi yang beda dari album-album sebelumnya," beber Jon Bon Jovi.

Dua album Setahun
Kali ini, Jon Bon Jovi juga puasa tur. Mereka membuat pernyataan resmi tidak melakukan promo lewat tur. Termasuk untuk Lost Highway.

Sungguh pernyataan yang mengejutkan. Karena, ini akan menjadi album pertama yang tanpa diikuti tur dunia. Yang pertama sejak mereka rilis sophomore 7800° Fahrenheit lebih dari dua puluh tahun lalu. Tepatnya pada April 1985.

Bon Jovi melakukan bukan tanpa alasan. Mereka lebih memilih masuk studio dan menggarap materi baru. Tepat setelah Lost Highway diedarkan ke pasaran. Kabarnya, album itu juga bakal rilis tahun ini. Bisa sebuah album greatest, bisa juga sebuah album studio.

Kumpulkan USD 1 Juta dalam Konser Amal
Bon Jovi tidak hanya sibuk rekaman dan tur komersil. Mereka juga menyempatkan diri melakukan konser tujuan sosial. Salah satunya adalah Tiger Jam beberapa hari lalu.Dana dalam konser tersebut akan disumbangkan pada korban kecelakaan lalu lintas di Amerika.

Bon Jovi berhasil mengumpulkan tak kurang dari USD 1 juta. Jumlah yang tidak sedikit tentu saja. Selain Bon Jovi, konser yang dibawahi Tiger Woods Foundation ini juga diikuti Goo Goo Dolls dan Marc Anthony. Ada juga banyak nama selebriti papan atas lainnya.










No comments: